Thursday, 13 Aug 2020

Tidak Perlu Bingung, Begini Cara Cetak Kartu BPJS

Kartu BPJS menjadi salah satu tanda keanggotan peserta BPJS Kesehatan. Kartu ini berfungsi sebagai identitas saat akan melakukan pembayaran atas pengobatan yang Anda jalani. Cara cetak kartu BPJS pun mudah, bisa dengan langsung mengunjungi kantor BPJS Kesehatan ataupun melalui metode online.

Mencetak kartu secara online kini menjadi lebih populer karena memberikan kemudahan bagi para pengguna. Pencetakan kartu bisa Anda mulai saat status keanggotaan telah aktif dan telah melakukan pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN.

Cara cetak kartu BPJS Kesehatan secara online

Secara fisik kartu yang dicetak secara online memiliki bentuk yang berbeda dari yang dicetak langsung di kantor BPJS Kesehatan. Hasil cetakan online berwujud kertas berisi informasi data pribadi peserta. Meski berbeda, kartu ini tetap memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai identitas saat akan melakukan transaksi pengobatan.

Cara cetak kartu BPJS Kesehatan dimulai dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi Mobile JKN. Setelah itu, langkah berikutnya berupa:

  • Akses aplikasi Mobile JKN

Setelah mengunduh, kini saatnya Anda untuk mengakses aplikasi Mobile JKN lalu loginke akun yang telah terdaftar. Pastikan Anda menggunakan alamat email yang sama dengan email saat mendaftar BPJS Kesehatan secara online.

  • Masuk ke menu peserta

Pada halaman utama, terdapat empat menu, salah satunya menu adalah menu ‘Peserta’. Pilihlah menu ‘Kartu Peserta’ yang ada di bawah menu ‘Peserta’. Setelah itu, Anda perlu memilih nama peserta yang akan dicetak kartunya.

  • Pilih ikon email

Setelah memilih nama peserta, Anda akan diarahkan pada halaman berisi gambar kartu BPJS Kesehatan. Gambar kartu tersebut merupakan kartu e-ID Anda. Pada sudut kiri bawah, pilih ikon bergambar email lalu tekan “Ya” untuk menyetujui pengiriman kartu e-ID ke email Anda.

  • Masuk ke email Anda

Masuklah ke email yang Anda gunakan untuk mendaftar keanggotaan BPJS Kesehatan. Anda akan mendapat pesan masuk dengan subject “Kartu e-ID BPJS Kesehatan” yang berisi lampiran kartu. Unduh lampiran tersebut untuk mencetaknya.

  • Cetak kartu BPJS Kesehatan

Usai mengunduh, kini Anda sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan dalam format soft copy. Anda kemudian dapat mencetak kartu tersebut dengan menggunakan kertas dan printer. Kartu e-ID BPJS Kesehatan Anda sudah siap untuk digunakan.

Kartu e-ID BPJS Kesehatan bisa dicetak secara berulang-ulang oleh peserta BPJS Kesehatan. Hal ini memudahkan Anda apabila mengalami kehilangan kartu atau lupa membawa kartu saat akan melakukan pengobatan.

Untuk mendapatkan kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk fisik, Anda harus melakukan pendaftaran dan pencetakan kartu langsung di kantor BPJS Kesehatan. Oleh sebab itu, kartu tersebut tidak dapat dicetak sendiri secara online seperti kartu e-ID.

Syarat cetak kartu BPJS Kesehatan

Cara cetak kartu BPJS secara online bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja tanpa ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Akan tetapi, Anda hanya bisa mencetak kartu e-ID dan berbentuk kertas.

Apabila Anda ingin mencetak kartu secara resmi, Anda bisa mengunjungi kantor BPJS Kesehatan. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika akan melakukan ini, yaitu:

  1. Membawa KTP dan KK
  2. Membawa bukti pembayaran setelah melakukan pendaftaran untuk pertama kalinya

Cetak kartu juga bisa dilakukan apabila Anda mengalami kehilangan kartu BPJS. Cara cetak kartu BPJS yang hilang pun sama, yaitu dengan melakukan pencetakan e-ID ataupun berkunjung langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *