Friday, 25 Sep 2020

Sebelum Konsumsi, Ketahui Efek Samping Amlodipin Berikut Ini

Penyakit darah tinggi atau hipertensi tergolong penyakit yang berisiko. Biasanya penderita akan mengkonsumsi obat, salah satunya adalah amlodipin. Namun, ada beberapa efek samping amlodipin yang harus diketahui sebelum mengkonsumsinya.

Fungsi Obat Amlodipin

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, amlodipin adalah obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Obat ini tergolong calcium channel blocker, yang bekerja dengan memasuki jaringan dan pembuluh arteri, lalu mengalir ke jantung dan dapat menurunkan tekanan darah.

Selain berfungsi sebagai penurun tekanan darah tinggi, amlodipin juga bermanfaat untuk mencegah stroke, masalah ginjal, hingga serangan jantung. Namun, ada efek samping amlodipin yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan baru.

Efek Samping Amlodipin yang Umum Dirasakan

Efek samping emlodopin yang umum biasanya  dialami oleh pasien yang mengkonsumsi obat antihipertensi ini, yaitu:

  • Mual
  • Pusing
  • Pembengkakan di pergelangan kaki
  • Terasa nyeri di perut
  • Merasa kelelahan dan kantuk yang berlebihan
  • Denyut jantung sangat cepat atau tidak teratur
  • Tremor
  • Merasakan sensasi yang panas di wajah
  • Gerakan otot tidak normal

Biasanya, efek di atas akan hilang dalam beberapa hari jika yang dirasakan ringan. Namun, jika tidak kunjung hilang, maka Anda disarankan untuk menemui dokter dan melaporkan efek yang Anda rasakan tersebut.

Efek Samping Amlodipin yang Serius

Selain efek samping umum, konsumsi amlodipin juga akan memberikan efek samping yang tergolong serius. Gejala dari efek samping tersebut adalah:

  • Terasa nyeri di dada dan berisiko serangan jantung
  • Tekanan darah menjadi rendah dan berisiko pingsan

Jika efek samping amlodipin tersebut Anda rasakan, maka sebaiknya mencari bantuan gawat darurat.

Peringatan untuk Pengguna Amlodipin

Selalu beritahu dokter terkait apapun kondisi kesehatan medis Anda. Apalagi jika Anda akan mengkonsumsi obat amlodipin ini, sebab ada beberapa peringatan yang harus diketahui, yaitu:

  1. Bagi Penderita Gangguan Hati

Apabila Anda memiliki masalah atau gangguan pada organ hati, maka akan berisiko terjadi penumpukan amlodipin dan efek samping yang akan dirasakan lebih besar. Sebab, obat amlodipin diproses oleh organ hati. Jika organ hati bermasalah, akan terjadi penumpukan di hati. Maka, biasanya dokter akan memberikan dosis yang lebih rendah jika Anda mengalami kondisi tersebut.

  • Bagi Penderita Gangguan Jantung

Gangguan yang terjadi di jantung berupa penyempitan pembuluh darah, maka dapat menimbulkan masalah kesehatan baru jika mengkonsumsi amlodipin. Masalah yang dimaksud berupa tekanan darah rendah, serangan jantung, hingga nyeri dada parah. Tentu Anda harus mencari pertolongan gawat darurat jika mengalami kondisi tersebut.

Obat-obatan yang berinteraksi dengan Amlodipin

Interaksi obat dapat membuat kinerja obat yang dikonsumsi malah meningkatkan risiko efek samping yang lebih serius. Obat amlodipin ini dapat berinteraksi dengan obat lain yang mungkin sedang Anda konsumsi juga. Oleh sebab itu, penting untuk menyampaikan pada dokter semua obat-obatan yang Anda gunakan.

Berikut obat-obat yang kemungkinan berinteraksi dengan amlodipin, yaitu:

  1. Obat Jantung

Konsumsi obat amlodipin bersama obat jantung seperti diltiazem, berisiko menaikkan jumlah kadar amlodipin di dalam tubuh. Sehingga akan menimbulkan efek samping lainnya.

  • Obat Penurun Kolesterol

Mengkonsumsi amlodipin dengan obat penurun kolesterol dapat meningkatkan kadar simvastatin di tubuh sehingga dapat menimbulkan efek samping lainnya.

  • Antibiotik

Level amlodipin dalam tubuh juga dapat meningkat jika amlodipin dikonsumsi bersamaan dengan antibiotik clarithromycin.

  • Obat Penurun Sistem Imun

Obat-obat pengendali sistem imun seperti ciclosporin dan tacrolimus dapat menaikkan kadar obat imun saat dikonsumsi bersamaan dengan amlodipin.

Efek samping amlodipin ini memang perlu diperhatikan oleh pasien yang akan mengkonsumsi obat tersebut. Sampaikan pada dokter mengenai riwayat medis Anda secara lengkap untuk menghindari reaksi yang berlebihan dan berakibat fatal di tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *