Wednesday, 23 Sep 2020

Pola Konsumsi Dipercaya Mampu Atasi Turun Peranakan

Mungkin istilah turun peranakan belum sepopuler atau belum banyak dikenal seperti istilah turun berok. Namun, ketahuilah bahwa kedua kondisi itu bisa dibilang sama. Bedanya, jika turun berok cenderung dan identik dengan laki-laki, turun peranakan itu merupakan kondisi kesehatan yang bisa diderita oleh perempuan.

turun peranaka

Istilah medis untuk turun peranakan adalah prolaps uteri. Kondisi ini terjadi ketika otot dasar panggul dan jaringan ikat meregang dan melemah, sehingga tidak dapat menyangga rahim (uterus). Akibatnya, bagian rahim dapat turun sampai menonjol keluar dari vagina. Turun peranakan dapat dialami oleh wanita di segala usia.

Prolaps uteri atau turun peranakan ini bisa diobati. Jika Anda mendatangi dokter, tindakan operasi mungkin dilakukan. Bisa pula hanya dibantu dengan alat-alat khusus untuk meredakan gejalanya.

Selain itu, turun peranakan juga dapat diobati, utamanya dihindari, dengan menjaga pola konsumsi makanan. Ada beberapa makanan atau bahan konsumsi yang dipercaya mampu mengatasi masalah tersebut. Apa saja bahan konsumsi yang dimaksud? Berikut ulasannya:

  • Air Putih

Cobalah perbanyak minum air putih. Ya! Minum air putih bisa menjadi salah satu cara mengatasi turun peranakan yang paling mudah, murah, dan efektif.

Minum air putih yang cukup setiap hari dapat membantu mencegah sembelit. Saat terkena sembelit, Anda biasanya akan lebih susah mengejan saat buang air besar. Tekanan dari proses mengejan inilah yang bisa melemahkan otot panggul dan lama kelamaan akan menimbulkan atau malah semakin memperburuk gejala turun peranakan.

Dengan banyak minum, feses akan menjadi lebih lunak dan lebih mudah turun ke saluran pembuangan. Buang air besar menjadi lebih lancar dan membantu meringankan gejala turun peranakan.

  • Makanan Berserat Tinggi

Sama seperti air, serat dapat membantu mencegah sembelit yang dapat menimbulkan dan memperparah gejala turun peranakan. Cobalah untuk mulai sering memakan makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan, sereal gandum, biji-bijian, sayur, dan buah-buahan. Bila Anda telanjur terkena sembelit, sebaiknya hindari makanan yang rendah serat, contohnya keju, es krim, daging, dan makanan cepat saji.

  • Berbagai Bahan Herbal

Jika kamu mengalami kondisi turun peranakan, maka disarankan untuk mengonsumsi ramuan herbal sebagai obat, yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Obat herbal yang terbuat dari berbagai bahan alami seperti ekstrak kulit manggis, daun sirsak, dan perpaduan antara bahan alami lainnya seperti apel, rosela, serta madu murni. Semua bahan itu dinilai dapat mengatasi rahim yang turun.

Khasiat pada kulit manggis yang biasanya terkandung dalam obat herbal memiliki senyawa Xanthone yang memiliki fungsi untuk memperbaiki sel-sel yang telah rusak bahkan sel yang telah mati. Selain itu, Xanthone juga dapat menyerang dan juga membunuh virus yang terdapat di dalam tubuh, serta menjaga sel-sel yang terdapat di dalam tubuh.

Bahan herbal lainnya yang memiliki khasiat dalam pengobatan turun peranakan adalah daun sirsak. Di dalam daun sirsak ini memilki zat acetogenins yang sangat berperan dalam pengobatan turun peranakan mama.

Selain itu, daun sirsak juga memiliki khasiat lainnya seperti kaya akan kandungan mineral, nutrisi, dan serat. Dengan memanfaatkan khasiat obat herbal tersebut, diharapkan bisa mengatasi polaps uteri  atau turun peranakan dengan aman dan tanpa menimbulkan efek samping yang negatif pada tubuh.

***

Itulah beberapa bahan makanan yang mungkin dapat membantu mengatasi atau malah menghindari Anda dari turun peranakan. Kemudian, pola hidup sehat juga memiliki pegaruh besar dalam kondisi ini.

Kalau Anda memiliki kebiasaan merokok, hentikan sesegera mungkin. Pasalnya, merokok dapat melemahkan jaringan-jaringan di sekitar otot panggul. Akibatnya, rahim jadi lebih mudah turun dan memperparah gejalanya.

Untuk meningkatkan kualitas dari pengobatan tersebut, senam atau olahraga yang melibatkan otot di sekitar organ reproduksi wanita juga dinilai ampuh dalam kasus turun peranakan ini. Cobalah untuk melakukan senam kegel dan aktivitas sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *