Thursday, 24 Sep 2020

Pengobatan Rumahan Atasi Pitting Edema Pada Kehamilan

Edema merupakan pembengkakan yang disebabkan oleh kelebihan cairan yang terperangkap pada jaringan tubuh manusia. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya edema, misalnya saja seperti sedang melakukan pengobatan tertentu, kehamilan, atau penyakit tertentu, seperti gagal jantung kongestif, penyakit ginjal atau sirosis hati.

Sedangkan pitting edema adalah sebutan untuk ibu hamil yang mengalami edema. Beberapa bagian yang biasa kelebihan cairan adalah tubuh bagian bawah seperti, tungkai kaki, pergelangan kaki, dan kaki itu sendiri.

Kondisi ini terjadi bilamana Anda menekan salah satu bagian yang bengkak lalu pada bagian yang ditekan tersebut seperti berlubang atau lekukan. Dan, lekukan tersebut tetap ada atau sulit untuk kembali seperti semula. Nah, kondisi itulah yang disebut dengan pitting edema. Jika Anda mengalami hal tersebut ada baiknya untuk segera menghubungi dokter. Selain itu Anda pun dapat melakukan beberapa cara berikut di rumah untuk dapat membantu mengurangi edema.

Pengobatan rumahan untuk pitting edema

Untuk mengurangi edema dan mencegahnya datang Kembali, Anda bisa melakukan beberapa pengobatan ala rumahan secara natural seperti di bawah ini. Akan tetapi, ada baiknya untuk tetap mengonsultasikan hal tersebut pada dokter, cara mana yang sekiranya tepat untuk Anda.

  • Gerakan

Melakukan beberapa gerakan dan menggunakan otot di bagian tubuh yang terkena edema, seperti tungkai dapat membantu memompa kembali kelebihan cairan yang terjadi. Atau, Anda dapat berjalan selama beberapa menit. Hindari duduk atau berdiri di tempat yang sama dalam waktu yang lama, karena hal ini dapat menyebabkan cairan menggenang di dalam tubuh dan terjadi pembengkakan.

Bangunlah untuk menggerakkan kaki dan berjalan singkat selama 3-4 menit. Selama bergerak, edema akan sedikit berkurang, begitupun rasa sakitnya akan sedikit menghilang. Hindari juga menyilangkan kaki saat duduk, karena dapat membantasi aliran darah dan memperburuk pitting edema pada Anda.

  • Pijat

Melakukan pijatan pada area edema ke arah jantung, dapat membantu mengeluarkan cairan berlebih dari area tersebut.  Berikan tekanan (saat memijat) sekuat mungkin tanpa melukai diri Anda pada bagian yang bengkak. Misalnya, Anda terkena edema pada bagian kaki, mulailai pijatan dari jari-jari kaki terlebih dahulu, lalu diteruskan pada bagian pergelangan kaki dan seterusnya.

  • Letakkan kaki lebih tinggi

Naikkan area yang bengkak (kaki) lebih tinggi daripada jantung Anda selama 30 menit. Lakukan dengan cara berbaring, sehingga akan lebih mudah untuk mengangkat kaki. Sangga dengan menggunakan bantal atau apapun untuk membuat darah dan cairan keluar dari daerah edema. Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 30 menit dan lakukan sekitar 3 atau 4 kali sehari.

  • Kompresi

Jika salah satu bagian tubuh Anda mengalami pitting edema, biasanya dokter akan menyarankan untuk menggunakan stoking kompresi. Alat ini digunakan untuk menjaga tekanan pada anggota tubuh yang mengalami edema serta mencegah cairan terkumpul di jaringan.

Kenakan stoking kompresi setelah Anda bangun pagi hari dan terus kenakan selama beberapa jam ataupun seharian. Namun hindari menggunakan kompresi yang terlalu ketat karena dapat membuat kulit iritasi.

  • Jaga kebersihan

Jagalah kebersihan pada area yang mengalami pembengkakan, untuk tetap lembab. Pasalnya, kulit kering dan pecah-pecah lebih rentan terhadap goresan, luka dan infeksi. Selalu kenakan pelindung kaki jika pembengkakan terjadi pada area tersebut.

  • Kurangi asupan garam

Umumnya, dokter akan menyarankan untuk mengurangi atau membatasi asupan garam yang Anda konsumsi. Pasalnya, garam dapat menginkatkan retensi cairan dan memperburuk edema.

Pitting edema adalah suatu kondisi yang sering terjadi dan dapat diobati serta disembuhkan secara medis. Biasanya hal ini tidak akan menyebakan masalah jangka panjang pada kehamilan. Namun, jika kondisi ini terjadi pada Anda disarankan untuk menemui dokter untuk mendapatkan perawatan dan diagnosa lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *