Thursday, 24 Sep 2020

Mengenal Cholinergic Urticaria, Alergi Panas Saat Olahraga

Alergi panas bisa disebabkan oleh alergon hingga sistem imun tubuh

Cholinergic urticaria merupakan sebuah kondisi gatal-gatal yang terjadi akibat naiknya suhu tubuh. Kondisi ini mirip dengan alergi panas, dan dapat berkembang saat Anda olahraga atau berkeringat. Cholinergic urticaria umumnya akan muncul dan hilang dengan sendirinya setelah beberapa jam. Dalam kasus yang parah, cholinergic urticaria terkadang dapat berhubungan dengan anaphylaxis akibat olahraga. Apabila kasus ini terjadi, carilah bantuan medis. Dan apabila Anda memiliki penyuntik epinephrine, suntikkan obat tersebut sambil menunggu petugas medis tiba. 

Gejala cholinergic urticaria mirip dengan alergi panas, yaitu munculnya benjolan kecil timbul pada kulit, kemerahan di sekitar benjolan tersebut, dan rasa gatal. Benjolan-benjolan ini umumnya terjadi dalam 6 menit pertama olahraga. Gejala dapat berubah semakin buruk dalam waktu 12 hingga 25 menit berikutnya. Meskipun benjolan tersebut dapat terjadi di mana saja di tubuh Anda, umumnya benjolan ini akan bermula di bagian dada dan leher, untuk kemudian menyebar ke bagian tubuh lain. Benjolan dapat bertahan selama beberapa menit hingga beberapa jam setelah latihan. Anda juga dapat menderita gejala lain yang tidak berhubungan dengan lapisan permukaan kulit, seperti sakit perut, mual, muntah, diare, dan hipersalivasi.

Cholinergic urticaria juga dapat ditemani oleh sebuah kondisi yang bernama anaphylaxis yang diinduksi oleh olahraga, yang mana merupakan sebuah reaksi alergi terhadap latihan yang lebih parah. Gejalanya dapat mengancam nyawa dan membutuhkan perawatan medis segera. Apabila Anda mengalami gejala seperti kesulitan bernapas, mengi, sakit perut, mual, dan sakit kepala, hubungi ambulans segera. Apabila Anda memiliki penyuntuk epinephrine, suntikkan obat sembari menunggu bantuan medis tiba. 

Penyebab cholinergic urticaria dan kelompok berisiko

Cholinergic urticaria terjadi ketika suhu tubuh Anda naik. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa alasan seperti latihan, berpartisipasi dalam olahraga, mandi dengan air panas, berada pada ruangan yang hangat, makan makanan pedas, menderita demam, marah, dan mengalami kecemasan. Aktivitas ataupun emosi apapun yang dapat meningkatkan suhu tubuh memicu tubuh Anda melepaskan histamine. Histamine inilah yang menyebabkan gejala-gejala cholinergic urticaria untuk muncul. Siapapun dapat menderita alergi panas atau cholinergic urticaria, namun pria nampaknya memiliki risiko lebih tinggi. Cholinergic urticaria umumnya bermula saat seseorang menginjak usia 16 tahun, dan kondisi ini dapat bertahan hingga ia berusia 30 tahun. Anda dapat lebih rentan menderita cholinergic urticaria apabila Anda mengalami gatal-gatal bentuk lain atau memiliki kondisi gangguan kesehatan kulit tertentu. 

Pilihan perawatan

Dokter akan memberikan rencana perawatan sesuai dengan kondisi pasien setelah ia berhasil melakukan diagnosa. Apabila gejala yang ditimbulkan ringan, perubahan gaya hidup sudah cukup untuk mengatasi cholinergic urticaria. Akan tetapi, perubahan gaya hidup tersebut akan sedikit lebih sulit apabila Anda seorang atlet atau kegiatan sehari-hari Anda melibatkan aktivitas fisik yang cukup keras. 

Salah satu cara termudah untuk mengatasi cholinergic urticaria adalah dengan menghindari pemicu alergi panas ini. Anda perlu memodifikasi cara berolahraga dan menghindari situasi-situasi yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Tergantung kondisi Anda, perawatan dapat berupa membatasi olahraga di luar ruangan saat musim panas ataupun terapi mental untuk mengatasi stres dan kecemasan. Perawatan lain adalah menggunakan obat-obatan, seperti antihistamine yang sering diresepkan untuk merawat dan mencegah cholinergic urticaria. Anda juga dapat diberikan resep obat seperti methantheline bromide atau montelukast untuk mengatur seberapa banyak Anda berkeringat. Dokter juga dapat merekomendasikan penghambat beta, cahaya UV, atau immunosuppressant untuk merawat cholinergic urticaria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *