Saturday, 24 Oct 2020

Mengalami Cedera di Rumah? Begini Cara Menyembuhkan Luka dengan Cepat

cara menyembuhkan luka dengan cepat ketika terluka saat berkegiatan di rumah

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, Anda tidak terhindari dari kemungkinan untuk mengalami cedera pada kulit. Ketika berkegiatan di rumah pun, kulit Anda tetap bisa terluka apabila terkena benda-benda tajam. Agar bisa mengatasi hal tersebut, Anda perlu memahami bagaimana cara menyembuhkan luka di rumah.

Banyak orang menggunakan alkohol sebagai metode utama penyembuhan luka. Meski begitu, selain alkohol, ada juga cara-cara lain yang bisa Anda lakukan agar luka pada kulit dapat sembuh dengan cepat.

Cara menyembuhkan luka di rumah

Luka cedera yang Anda dapatkan saat beraktivitas di rumah dapat diobati tanpa harus mengunjungi rumah sakit. Menyembuhkan luka di rumah bisa Anda lakukan dengan beberapa cara, seperti: 

  • Memanfaatkan suhu panas

Ketika kulit Anda terluka, salah satu cara untuk menyembuhkannya adalah dengan memanfaatkan suhu panas. Gunakan air panas untuk mengompres luka di permukaan kulit Anda.

Anda bisa menggunakan kain yang telah direndam dalam air panas pada luka. Biarkan kain tersebut menempel pada area luka dan diamkan selama kurang lebih 15-30 menit. Anda juga bisa langsung memasukkan area kulit ke dalam ember berisi air panas apabila Anda bisa menahan panas dari air tersebut secara langsung.

  • Mengonsumsi makanan sehat

Percaya atau tidak, makanan yang Anda konsumsi dapat menentukan kecepatan proses penyembuhan luka di kulit. Sejumlah kandungan dalam makanan sehat mampu memberikan nutrisi pada sel kulit untuk mempercepat proses penyembuhan. Kandungan tersebut meliputi vitamin C, vitamin E, magnesium, dan protein.

Konsumsilah lebih banyak makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut. Anda bisa menemukannya dalam sayuran hijau, sayuran berdaun, buah-buahan berwarna, paprika, tomat, daging, dan produk susu. 

  • Menggunakan lidah buaya

Cara menyembuhkan luka berikutnya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Tanaman ini dipercaya mampu mengatasi segala jenis masalah pada kulit, termasuk mengobati memar dan luka. 

Anda bisa menggunakan cairan lidah buaya melalui tanaman lidah buaya secara langsung. Selain itu, Anda bisa juga memilih untuk menggunakan gel khusus yang berbahan utama lidah buaya. Gel tersebut umumnya bisa didapatkan di apotek. 

Pertolongan pertama saat kulit terluka

Ketika kulit Anda mengalami luka terbuka dan berdarah, Anda perlu melakukan upaya pertolongan pertama berupa: 

  • Mencuci tangan

Mencuci tangan membantu dalam mengurangi kemungkinan luka terkena infeksi bakteri. Pastikan Anda telah mencuci tangan sampai bersih menggunakan air dan sabun sebelum menyentuh area luka. 

  • Menghentikan pendarahan

Cara menyembuhkan luka dalam upaya pertolongan pertama adalah dengan mencoba menghentikan pendarahan. Pendarahan pada luka yang kecil biasanya bisa berhenti dengan sendirinya. 

Akan tetapi, bila luka Anda cukup besar dan darah tidak bisa berhenti, cobalah menggunakan perban atau kain untuk menekan luka sampai pendarahan berhenti.

  • Membersihkan luka

Langkah berikutnya, bersihkan luka Anda menggunakan air mengalir yang bersih. Hal ini membantu untuk mencegah infeksi. Gunakan sabun untuk mencuci kulit di sekitar area luka.

  • Mengoleskan antibiotik

Anda perlu mengoleskan krim atau gel yang memiliki kandungan antibiotik di dalamnya. Oleskan secara tipis pada permukaan luka. Hal ini membantu agar permukaan luka tetap lembab dan tidak mudah sobek. Pastikan untuk menggunakan gel dengan bahan sesuai untuk kulit Anda dan tidak memicu reaksi alergi.

Itulah beberapa cara menyembuhkan luka dan pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan di rumah. Apabila kondisi luka semakin memburuk, segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *