Thursday, 24 Sep 2020

Induksi Ovulasi Pada Pengidap PCOS

Induksi ovulasi adalah sebuah tindakan medis untuk menstimulasi perkembangan dan pelepasan telur. Tujuan dari dilakukannya induksi ovulasi adakah untuk merangsang terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur).

induksi ovulasi

Jadi induksi ovulasi dilakukan jika seorang wanita tidak bisa mengalami ovulasinya sendiri atau ovulasi secara alami. Banyak hal yang menyebabkannya, misalnya saja seperti stres, gangguan pada tuba falopi, masalah kesuburan pada pria, gangguan rongga panggul/rahim wanita, fluktuasi berat badan, serta polycystic ovary syndrome atau PCOS dan beberapa faktor lainnya.

Lalu bagaimana jika induksi ovulasi dilakukan pada seseorang yang mengalami PCOS? Yuk, simak penejelasannya berikut ini.

Polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau sindrom polikistik ovarium adalah gangguan hormon yang sering terjadi pada wanita di usia subur mereka. Biasanya seorang wanita dengan PCOS mengalami periode menstruasi yang tidak teratur, sering berkepanjangan, atau kelebihan hormon androgen (hormon yang banyak terdapat pada laki-laki). Kondisi inilah yang membuat infertilitas pada wanita.

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya PCOS, beberapa diantaranya seperti kelebihan insulin atau hormon yang diproduski pankreas untuk mengontrol gula darah, adanya peradangan tingkat rendah, faktor keturunan dan kelebihan androgen.

Seseorang dengan PCOS umumnya akan disarankan untuk menjalani hidup sehat dan pada beberapa kasus diminta untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, obesitas sering kali membuat terjadinya penurunan reproduksi. Selaiin itu, obesitas pun dapat mempengaruhi ovulasi. Jadi, untuk membuat induksi ovulasi dapat berhasil, maka harus membereskan PCOS itu sendiri.

Perawatan umum yang biasa diberikan untuk seorang dengan PCOS sebelum melakukan induksi ovulasi ada dua opsi perawatan berikut:

Metformin, adalah obat oral yang digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 2 yang memiliki manfaat dalam meningkatkan tingkat kesuksesan ovulasi pada beberapa wanita dengan PCOS. Hal ini dilakukan karena PCOS dapat mempengaruhi metabolisme insulin dan glukosa. Nah, jika Anda memiliki pradiabetes, metformin juga dapat memperlambat perkembangan menjadi diabetes tipe 2 serta dapat menurunkan berat badan.  

Pengeboran ovarium (ovarian drilling), adalah sebuah perawatan bedah yang membutuhkan dilakukannya laparoskopi. Ovarium akan dilakukan pengeboran/dibuat lubang dengan panjang 4mm untuk membantu meningkatkan ovulasi. Prosedur ini dapat memicu ovulasi secara alami atau meningkatkan kemungkinan berhasil sekitar 60%-85% induksi ovulasi pada pasien PCOS.

Clomiphene (Clomid), adalah obat anti-estrogen yang diminum. Obat ini dikonsumsi selama masa menstruasi hari pertama Anda selama masa menstruasi berlangsung.

Letrozole (Femara), perawatan kanker payudara ini dapat bekerja untuk merangsang ovarium.

Akan tetapi, sebelum melakukan tindakan di atas , umumnya dokter akan memberikan beberapa tes-tes dan obat-obatan untuk mengobati PCOS itu sendiri. Selain beberapa pengobatan di atas, gaya hidup dan beberapa pengobatan ala rumahan pun bisa Anda lakukan.

Pertahankan berat badan yang sehat. Penurunan berat badan dapat mengurangi kadar insulin dan androgen serta dapat mengembalikan ovulasi Anda. Jika sulit, Anda dapat konsultasikan dengan ahli gizi untuk program penurunan berat badan.

Batasi karbohidrat. Melakukan diet rendah lemah dan tinggi karbohidrat tentu akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Jadi, ada baiknya untuk konsultasikan hal ini dengan dokter Anda tentang diet karbohidrat pada penderita PCOS.

Jadilah Aktif. Olahraga dapat membantu Anda menurunkan kadar gula darah. Jika Anda memiliki PCOS, meningkatkan aktivitas sehari-hari/berolahraga secara teratur dapat akan mencegah resistensi insulin dan membantu menjaga berat badan serta menghindari diabetes. Semoga dengan beberapa tip serta pengetahuan tentang PCOS dapat berguna. Dan, ke depannya induksi ovulasi yang akan Anda lakukan bisa berhasil. Sehat selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *