Wednesday, 25 Nov 2020

Gaya Hidup Milenial

Setiap manusia hidup di masa yang berbeda. Masa-masa tersebut dapat menentukan gaya hidup yang berbeda. Misalnya, pada tahun 1980an di Amerika Serikat, orang-orang cenderung mendengarkan musik dengan radio yang dapat dibawa kemanapun. Namun, zaman sekarang, musik bisa didengarkan melalui gawai seperti smartphone. Hal tersebut merupakan gaya hidup milenial yang masih dijalankan saat ini.

Gaya hidup milenial ditentukan oleh tren-tren yang terjadi dari tahun ke tahun. Tentunya hal tersebut dapat membuat mereka ingin mengikuti perkembangan yang ada, baik itu pakaian maupun hal lain seperti mobil yang dikendarai.

Contoh Gaya Hidup Milenial

Gaya hidup milenial tidak hanya ditentukan melalui apa yang dapat kaum milenial miliki, namun juga bisa melalui kegiatan yang dapat membuat mereka tertarik seperti bersepeda. Meskipun saat ini dunia menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19, tren bersepeda di Indonesia meningkat sangat drastis karena permintaan sepeda meningkat hingga 300%. Meskipun demikian, Anda perlu berhati-hati jika Anda bersepeda di sekitar kota, karena banyaknya orang yang bersepeda di wilayah-wilayah tertentu bisa menjadi klaster penyebaran virus Corona.

Ciri Khas Kaum Milenial

Karena dunia mengalami perkembangan secara signifikan, berikut adalah beberapa ciri khas kaum milenial yang membedakan mereka dari generasi-generasi sebelumnya:

  1. Didukung teknologi

Zaman sekarang banyak orang, tidak terkecuali dengan kaum milenial, telah menggunakan teknologi, khususnya smartphone, sebagai kebutuhan sehari-hari. Ada berbagai manfaat yang diperoleh dari teknologi seperti memeriksa saldo rekening bank melalui aplikasi di smartphone. Sebagian besar kaum milenial merasa bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa teknologi, dan hal tersebut merupakan cara yang paling umum untuk berhubungan dengan teman-temannya di dunia maya.

  • Lebih banyak menggunakan media sosial

Setiap milenial tidak melewatkan waktunya untuk menggunakan media sosial. Tidak hanya untuk bersenang-senang dengan teman-teman, sebagian kaum milenial juga tahu bahwa media sosial bisa menjadi cara untuk mempromosikan tidak hanya diri mereka sendiri, namun juga untuk bisnis yang mereka jalankan. Kaum milenial merupakan kaum yang paling kompetitif dalam menggunakan media sosial, terutama jika mereka bisa menghasilkan pendapatan seperti membuat konten menarik di YouTube.

  • Lebih produktif dibandingkan orang dewasa

Banyak perusahaan di Indonesia yang pendirinya merupakan kaum milenial. Sebagian kaum milenial tahu bagaimana cara menjalankan bisnis demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, dan mereka tidak kalah dalam persaingan dengan orang-orang dewasa atau yang lebih berpengalaman.

  • Perhatian terhadap ketentuan yang dijalankan pemerintah

Banyak kaum milenial juga perhatian terhadap ketentuan yang dijalankan pemerintah. Ada berbagai faktor yang ingin dibahas kaum milenial untuk mendukung pemerintahan di berbagai negara seperti faktor lingkungan. Merekapun akan melakukan berbagai upaya seperti kampanye agar pemerintah semakin serius dalam menanggapi masalah yang dihadapi.

Kebiasaan Kaum Milenial

Walaupun kaum milenial merupakan salah satu kaum yang paling kompetitif, berikut adalah beberapa hal yang menjadi kebiasaan mereka:

  1. Lebih banyak beraktivitas

Karena kaum milenial berada di usia yang produktif, kaum milenial cenderung lebih banyak beraktivitas dibandingkan orang dewasa, bahkan bisa sampai tengah malam. Jika kebiasaan beraktivitas di tengah malam terus dilakukan, maka kondisi kesehatan mereka akan semakin menurun.

  • Pengeluaran lebih banyak dibandingkan orang dewasa

Kaum milenial juga memiliki kebiasaan yang melibatkan uang. Mereka cenderung mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Biasanya, mereka mengeluarkan uang untuk barang-barang yang tidak penting seperti pakaian-pakaian yang mahal. Tidak hanya itu, mereka juga lebih khawatir terhadap pengeluaran lain seperti hutang kartu kredit atau asuransi.

  • Lebih perhatian terhadap gawai

Banyak kaum milenial yang mengalami kebiasaan ini setiap saat. Mereka cenderung menghabiskan waktunya untuk melihat apa yang ada di gawai mereka dibandingkan dengan mengobrol dengan orang-orang terdekat.

Kesimpulan

Gaya hidup milenial ditentukan oleh tren yang terjadi, khususnya saat ini, karena mereka lebih sering menggunakan gawainya untuk beraktivitas. Meskipun demikian, mereka merupakan kaum yang paling kompetitif sehingga dapat menentukan berbagai cara untuk menghasilkan pendapatan seperti YouTube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *