Wednesday, 25 Nov 2020

Cara Merawat Wajah Kombinasi Agar Tetap Sehat

Tipe kulit kombinasi merupakan masalah kulit yang sering terjadi pada masa pubertas. Ciri khas kulit kombinasi yakni adanya area tertentu yang terasa berminyak, sedangkan bagian lainnya justru normal, kering, atau bahkan sensitif. Ini merupakan jenis kulit yang paling umum. Dengan kondisi ini, cara merawat kulit seperti apa yang harus dilakukan?

Harus diketahui bahwa merawat kulit kombinasi tidaklah semudah merawat satu jenis kulit saja. Seseorang dengan kulit kombinasi perlu melakukan perawatan yang berbeda di setiap bagian. Kita harus paham betul cara merawat wajah kombinasi dengan masing-masing karakteristiknya agar tidak menimbulkan masalah kulit lainnya.

Lantas, bagaimana pemilik jenis kulit kombinasi menyikapinya dengan tepat? Berikut tipsnya:

  • Menggunakan produk facial wash yang bebas alkohol

Pilih produk pembersih wajah yang bebas alkohol dan parfum. Produk ini akan membuat kulit lebih lembap tanpa menimbulkan jerawat. Disarankan mencuci wajah maksimal 2 kali sehari. Selain itu, kamu dapat menggunakan bahan alami untuk menghapus make up, seperti air putih atau minyak kelapa. Bahan alami ini tidak akan membuat wajahmu semakin kering atau berminyak.

  • Cuci muka dengan menggunakan air hangat

Selain memilih sabun pembersih wajah yang berbahan ringan, Anda yang punya jenis kulit wajah kombinasi juga disarankan untuk menggunakan air hangat yang tidak terlalu panas ketika mencuci muka. Ini menjadi cara merawat wajah kombinasi yang efektif. Pasalnya air hangat bisa menghilangkan minyak alami yang ada di kulit wajah, sehingga area T-zone tidak akan terlalu berminyak.

  • Gunakan toner

Setelah membersihkan wajah, disarankan Anda menggunakan toner. Kulit Anda membutuhkan toner karena produk ini berfungsi mengembalikan pH kulit sekaligus membersihkan wajah dari sisa kotoran yang mungkin saja masih menempel.

Gunakan toner maksimal dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari. Karena jika digunakan berlebihan, justru akan membuat wajah memproduksi lebih banyak minyak. Pastikan toner yang digunakan bebas alkohol, karena tidak akan membuat kulitmu kering atau terlalu berminyak.

·       Pilih pelembab khusus kulit kombinasi

Menggunakan  pelembab biasanya akan membuat bagian T-zone terasa semakin berminyak, tetapi baik untuk bagian pipi. Namun kini, beberapa produk kecantikan sudah menyediakan produk untuk kulit kombinasi, yang biasanya terdiri dari mattifying moisturizer untuk T-zone dan hydrating moisturizer untuk area pipi.

·       Gunakan tabir surya

Menggunaan tabir surya merupakan cara merawat wajah yang paling dasar, apa pun jenis kulitnya. Menggunakan tabir surya amat penting untuk menghindari timbulnya garis-garis halus dan kerutan. Namun, bagi pemilik jenis kulit kombinasi Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya non-comedogenic agar area T-zone wajah Anda tidak beruntusan.

Selain itu, gunakan tabir surya yang bebas minyak (oil free) di T-zone dan tabir surya yang khusus untuk melembapkan kulit di bagian lain. Pastikan juga pelembap yang kamu gunakan mengandung SPF 30 untuk menjaga kulitmu dari paparan langsung sinar matahari.

·       Lakukan ekfoliasi

Eksfoliasi bermanfaat untuk membuat kulit wajah lebih halus, kencang, dan mengecilkan pori-pori. Untuk kulit kombinasi, dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi dua hingga tiga kali dalam seminggu. Pilihlah produk eksfoliasi yang lembut agar tidak mengiritasi kulit kamu dan cukup aplikasikan di bagian kulit yang berminyak.

  • Salcylic acid dan benzoyl peroxide

Bagi pemilik kulit kombinasi biasanya sangat rentan berjerawat dan untuk mencegah timbulnya jerawat Anda bisa menggunakan produk antijerawat yang mengandung salcylic acid dan benzoyl peroxide.

Kandungan salcylic acid dan benzoyl peroxide bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat, serta menghilangkan komedo dan mencegahnya datang kembali.

Bagi Anda yang memiliki wajah kombinasi mungkin akan sedikit repot, karena cara merawat wajah kombinasi memerlukan perlakuan khusus. Dalam merawat kulit kombinasi menjaga pola makan juga merupakan bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, untuk kulit kombinasi berhati-hatilah dalam menggunakan produk skincare. Pilihlah produk yang sesuai dengan masalah kulit Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *