Saturday, 24 Oct 2020

Cara Mempercantik Bibir Tanpa Melakukan Sulam Bibir

Meski kecil. sulam bibir memiliki risiko kesehatan yang patut diwaspadai

Perbedaan bentuk bibir menonjolkan kecantikan yang berbeda. Setiap wilayah pun memiliki standar bibir cantiknya masing-masing. Amerika latin, contohnya, menyukai bentuk bibir yang lebar dan tebal. Sebaliknya, orang Asia menganggap bibir kecil lebih menarik.

Hal inilah yang menyebabkan seseorang mendambakan bentuk bibir yang berbeda-beda. Karena sebab inilah, teknik sulam bibir mulai dilirik berbagai kalangan, terutama wanita. 

Trend menyulam pada bibir sebenarnya sudah ada sejak akhir tahun 1970-an. Tidak hanya bibir, pada zaman itu juga telah dikenal sulam alis, filler bibir, bahkan memerahkan pipi secara permanen.

Teknik merubah fitur pada wajah disebut mikropigmentasi atau tato kosmetik. Bedanya, kini peralatan yang digunakan lebih modern.

Sulam bibir digunakan untuk mempercantik bibir. Dengan sulam bibir, orang-orang bisa mendapatkan bentuk bibir yang diinginkan. Menyulam bibir bisa membuat bibir tampak lebih tebal atau tipis, serta mendapatkan warna yang permanen.

Namun, sebelum mengikuti trend kecantikan satu ini, Anda perlu mengetahui bahaya dibalik melakukan sulam bibir. Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mempercantik bibir tanpa melakukan prosedur sulam bibir.

Ketahui komposisi pada produk bibir yang Anda gunakan

Beberapa produk bibir mengandung parfum, alkohol, dan paraben yang berbahaya. Produk-produk tersebut menyebabkan bibir kering dan berisiko meningkatkan kanker kulit. Anda juga mungkin alergi terhadap bahan lain yang terkandung pada lipstik atau lip tint Anda.

Jangan biarkan bibir pecah-pecah

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah antara lain:

  • Cuaca terlalu kering atau dingin
  • Efek penggunaan obat tertentu
  • Menjilat bibir secara berlebihan
  • Dehidrasi atau malnutrisi

Eksfoliasi bibir dapat mengangkat sel kulit mati, meregenerasi sel, dan menghindari kulit bibir pecah-pecah. Anda bisa membuat sendiri scrub bibir dari campuran gula dan madu.

Jaga agar bibir tetap lembab dan terhidrasi

Bibir yang cantik adalah bibir yang lembab. Bibir yang lembab juga memudahkan Anda mengaplikasikan produk pewarna bibir. Cukupi kebutuhan cairan harian membantu menghidrasi bibir.

Anda juga bisa menggunakan pelembab alami seperti:

  • Vaseline
  • Cocoa butter
  • Minyak kelapa
  • Aloe vera
  • Vitamin E (tidak untuk pemilik bibir sensitif)

Gunakan pelembab bibir dua kali sehari. Bila digunakan sebagai primer, pelembab juga berfungsi melindungi bibir dari paparan sinar matahari. 

Bila Anda ingin menggunakan produk pelembab bibir yang dijual bebas, carilah produk yang bebas kandungan parfum karena justru akan memicu kering pada bibir.

Menggunakan masker bibir

Masker bibir adalah pengencang bibir instan. Anda dapat membuat masker bibir rumahan dengan mencampur minyak kayu manis dengan cabai rawit. Ramuan ini dapat menyebabkan peradangan ringan sehingga tidak disarankan untuk menggunakannya terlalu sering.

Anda juga bisa menggunakan asam hialuronat untuk mengencangkan dan menghaluskan bibir. Namun, jangan berharap lebih dengan ramuan diatas, karena efek yang didapatkan tidak bertahan lama.

Melakukan teknik make up yang tepat

Cara yang paling instan mendapatkan bentuk bibir yang diinginkan adalah make up. Dengan teknik make up yang tepat, Anda bisa mendapatkan bibir tipis atau tebal tanpa perlu melakukan sulam bibir. 

Olahraga bibir

Terdengar asing, tapi olahraga bibir dapat mengubah bentuk bibir menjadi lebih besar atau kecil. Anda bisa melakukan senam wajah, yaitu menggerakkan bibir dengan cara tertentu. Tersenyum juga dikatakan bisa mengecilkan bibir. 
Meski membutuhkan waktu yang lama, perawatan bibir di atas dapat membantu mempercantik tampilan bibir Anda. Selain murah dan mudah, Anda juga terhindar dari bahaya melakukan prosedur sulam bibir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *