Sunday, 23 Feb 2020

Berbagai Latihan Mobilitas yang Baik untuk Menjaga Otot dan Sendi

Berbagai aktivitas olahraga yang Anda lakukan, entah itu mengangkat beban, berlari, bersepada, memanjat tebing, atau bahkan menari akan membantu tubuh Anda untuk tetap bergerak. Namun, melakukan hal itu saja tidaklah cukup. Pada bagian tubuh Anda, terdapat persendian, tendon, dan jaringan otot yang semuanya bekerja sama untuk membantu Anda bergerak. Jika Anda tidak merawat komponen-komponen tersebut dengan benar, rasa sakit dan rentang gerak yang kurang baik dapat mencegah Anda untuk melakukan semua aktivitas yang melibatkan bergerak menjadi lebih lama.

Untuk itulah, penting bagi Anda untuk latihan mobilitas. Mobilitas sendiri adalah kombinasi dari fleksibilitas dan ekstensibilitas. Fleksibilitas sendiri merupakan kemampuan untuk mengukur apa yang sendi dan otot Anda dapat lakukan. Sedangkan ekstensibilitas merupakan kemampuan otot dan jaringan ikat Anda untuk memanjang dan memendek.

Jika Anda hanya melakukan gerakan yang stasioner seperti berlari atau bersepeda atau mengangkat dalam ruangan, Anda tidak betul-betul mengatasi masalah mobilitas karena Anda tidak menggunakan rentang gerak secara penuh. Cobalah bermain bola basket atau tenis, dan barulah Anda akan merasakan perbedaannya.

Keterbatasan mobilitas kecil dapat berubah menjadi masalah besar, terutama ketika orang memilih untuk mencoba untuk memaksakan, alih-alih menangani masalah dengan segera. Sebenarnya yang harus Anda lakukan adalah mencegah agar keterbatasan mobilitas tersebut tidak terjadi.

Untungnya, melakukan latihan mobilitas tidaklah sulit. Anda hanya perlu memasukkan beberapa gerakan tambahan ke dalam sesi olahraga Anda. Cobalah latihan sederhana ini sambil menonton TV, di kantor, atau sebagai pelengkap untuk program Anda saat ini.

Push Up dengan Putaran

Caranya: Lakukan push-up. Di bagian atas, lakukan putaran ke sisi papan, dengan satu tangan berada di lantai dan yang lainnya diangkat ke langit-langit. Lakukan lima kali di setiap sisi.

Kapan: Sebelum mencoba bench press yang berat.

Mengapa: Ini meningkatkan rotasi bahu dan memicu stabilitas tulang belakang — dua hal yang akan meningkatkan bench press Anda

Terjangan Rusuk dan Jangkauan

Bagaimana caranya: Dengan kedua kaki menyatu, langkahkan kaki ke sisi kanan, dan gerakkan tangan kiri ke seluruh tubuh untuk menyentuh kaki kanan Anda. Lakukan 10 kali, bergantian setiap kali.

Kapan: Sebelum deadlift berat, atau sebagai latihan pelengkap pada saat olahraga kaki.

Mengapa: Gerakan ini memungkinkan rentang gerak yang lebih besar di sendi pinggul Anda, yang membantu menarik lebih banyak dengan kaki dan sedikit dengan punggung Anda.

Dumbbell Uppercuts

Caranya: Pegang dumbbell ringan di sisi tubuh Anda, dengan siku Anda membungkuk 90 derajat. Putar pinggul kiri Anda dan bawa lengan kiri Anda ke seluruh tubuh Anda ke sebuah pukulan. Lakukan antara 10 dan 12 di setiap sisi.

Kapan: Sebelum melakukan tarikan berat atau latihan punggung.

Mengapa: Gerakan ini dimulai di pinggul Anda dan kemudian melebar ke tulang belakang dan tubuh bagian atas, baik untuk pemanasan tubuh Anda sebelum mengangkat beban. Itulah beberapa latihan mobilitas yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar komponen-komponen tubuh Anda tetap terjaga. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *