Monday, 25 May 2020

Atasi Ngorok Tanpa Perlu Alat Anti Ngorok

Beberapa cara berikut dapat menjadi alat anti ngorok untuk tidur yang lebih lelap.

Apakah Anda atau pasangan mendengkur saat tidur? Jangan khawatir, satu dari dua orang diperkirakan mendengkur saat tidur. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. Hal ini terjadi ketika udara mengalir melalui tenggorokan saat seseorang bernafas saat tidur. Hal ini menyebabkan jaringan di tenggorokan (yang tadinya rileks) menjadi bergetar dan menyebabkan suara dengkuran kasar yang mengganggu. Mengorok dapat mengganggu kualitas tidur seseorang, ataupun orang lain di sekitarnya. Selain kualitas tidur yang kurang, mendengkur juga dapat menjadi tanda-tanda adanya kondisi kesehatan serius yang perlu ditangani, misalnya saluran nafas yang tersumbat, obesitas, gangguan dengan struktur mulut, hidung, ataupun tenggorokan, dan kurang tidur. Dalam kasus lain, mendengkur juga dapat disebabkan karena Anda tidur dalam posisi yang salah atau minum alkohol sebelum tidur. Ada banyak cara mengatasi ngorok, mulai dengan menggunakan alat anti ngorok, hingga perawatan alternatif rumahan yang mudah untuk dilakukan. 

Atasi ngorok dengan mudah

Dalam beberapa kasus ngorok, penting untuk mencari bantuan dokter agar Anda mendapatkan diagnosa penyebab yang tepat serta mendapatkan perawatan secepatnya untuk mengatasi kondisi kesehatan tersebut. Kasus mendengkur umumnya disebabkan karena faktor sederhana, misalnya posisi tidur, yang bisa Anda atasi dengan alat anti ngorok ataupun dengan mengikuti “home remedies” berikut ini. 

  • Kurangi berat badan apabila Anda obesitas

Dengan mengurangi berat badan, Anda bisa mengurangi jaringan yang ada dalam tenggorokan yang menyebabkan Anda ngorok. Menurunkan berat badan pun terbilang mudah. Anda hanya membutuhkan komitmen yang tinggi untuk terus berusaha. Mulailah dengan mengurangi asupan kalori setiap harinya dengan makan makanan dalam jumlah yang sedikit dan lebih banyak makan makanan sehat. Selain diet yang teratur, Anda juga perlu rutin melakukan olahraga. Apabila dibutuhkan, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli nutrisi untuk mengetahui makanan apa yang perlu dikonsumsi. Selain berat badan menjadi ideal dan tubuh yang sehat, Anda juga tidak perlu lagi khawatir mendengkur saat tidur.

  • Tidur menyamping

Tidur telentang terkadang dapat menyebabkan lidah bergerak ke arah tenggorokan, yang akan menyebabkan aliran udara tersumbat di tenggorokan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa tidur dengan posisi menyamping agar udara dapat mengalir dengan mudah tanpa hambatan serta mengurangi atau bahkan menghentikan dengkuran. 

  • Atasi alergi kronis

Alergi dapat mengurangi aliran udara dari hidung, yang menyebabkan Anda bernafas menggunakan mulut. Hal ini akan menyebabkan seseorang untuk mendengkur saat tidur. Apabila dengkuran disebabkan oleh alergi, hubungi dokter untuk mendapatkan obat resep. 

  • Kurangi asupan alkohol sebelum tidur

Cobalah untuk tidak minum alkohol pada malam hari setidaknya 2 jam sebelum tidur. Alkohol dapat melonggarkan otot-otot di tenggorokan sehingga menyebabkan seseorang mendengkur. 

  • Berhenti merokok

Gaya hidup tidak sehat lain selain minum alkohol yang harus dihentikan untuk mengurangi mendengkur saat tidur adalah berhenti merokok. Tidak hanya merupakan kebiasaan tidak sehat, merokok juga dapat menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang terapi yang diperlukan untuk berhenti merokok. 

Selain cara-cara tersebut di atas, Anda juga perlu tidur dengan cukup. Tidur yang direkomendasikan setiap malamnya adalah 7 hingga 8 jam. Anda juga bisa membeli alat anti ngorok yang banyak tersedia saat ini. Mendengkur tidak hanya mengganggu pasangan yang tidur bersama Anda, tetapi juga bisa menunjukkan adanya tanda-tanda gangguan kesehatan tertentu. Atasi ngorok sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *