Wednesday, 25 Nov 2020

Apasih Pentingnya Sanitasi Lingkungan Untuk Kehidupan Kita?

Kondisi sanitasi lingkungan di Indonesia menjadi sesuatu yang penting untuk segera dibenahi, tidak hanya meningkatkan jumlah dan mutu sarananya, tetapi juga dengan memperbaiki perilaku masyarakatnya sendiri. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga sanitasi lingkungan akan memicu berbagai masalah pada kesehatan masyarakat. Urgensi akan hal ini begitu mendesak lantaran berpengaruh terhadap beberapa masalah yang skupnya lebih luas lagi.

Beberapa hal terkait ketersediaan akses fasilitas sanitasi dasar harus segera dipenuhi segenap elemen masyarakan agar pencemaran lingkungan dapat berkurang. Ini akan berdampak pada peningkatan kualitas dan mutu lingkungan fisik yang lebih bersih di tiap-tiap daerah di nusantara. Apabila kondisi tersebut dapat terpenuhi, pada akhirnya akan membuat masyarakat lebih sehat dan penyakit akibat buruknya sanitasi dapat dihindari.

Sanitasi lingkungan dapat dikatan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mempertahankan standar kondisi lingkungan yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. Pada dasarnya sanitasi lingkungan merupakan upaya pengendalian terhadap berbagai faktor lingkungan fisik manusia yang dapat berpanguruh buruk terhadap kesehatan atau upaya untuk memelihara dan melindungi kebersihan lingkungan. Selain itu, sanitasi lingkungan juga bertujuan untuk mengembalikan, memperbaiki, dan mempertahankan kesehatan manusia. Terciptanya sanitasi lingkungan yang baik akan mendukung kehidupan yang lebih baik pula.

Sanitasi lingkungan memberikan banyak manfaat bagi lingkungan manusia, khususnya lingkungan fisik seperti tanah, air, dan udara. Secara singkat, berikut ini adalah beberapa manfaat sanitasi bagi kehidupan manusia:

  • Terciptanya kondisi lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman bagi manusia.
  • Mencegah timbulnya berbagai macam penyakit menular.
  • Mencegah atau meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan.
  • Mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya polusi udara, misalnya bau tidak sedap.
  • Menghindari pencemaran lingkungan.
  • Mengurangi jumlah persentase orang sakit di suatu daerah.

Dengan terwujudnya kondisi lingkungan yang memenuhi syarat kesehatan maka proses produksi akan semakin baik dan menghasilkan produk yang sehat dan aman bagi manusia. Secara umum, berikut ini adalah contoh tindakan sanitasi lingkungan:

  • Membuat dan mengatur saluran pembuangan air hujan di pinggir jalan.
  • Membuat dan mengatur saluran pembuangan limbah rumah tangga (dapur dan kamar mandi).
  • Membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.
  • Penyediaan fasilitas toilet umum yang bersih dan terawat.
  • Pengelolaan limbah atau sampah dengan baik, teratur, dan berkesinambungan. Misalnya dengan memilah sampah plastik, kertas, organik, kaca, dan logam.

Sebagai anggota masyarakat yang baik kita juga harus mendukung gerakan menjaga sanitasi lingkungan. Pentingnya lingkungan yang bersih akan menciptakan lingkungan yang sehat, nyaman, dan aman. Karena lingkungan yang sanitasinya buruk dapat menjadi sumber berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

Jika kesehatan manusia terganggu maka kesejahteraan hidupnya juga akan berkurang. Oleh sebab itu, upaya sanitasi lingkungan menjadi bagian penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mendukung gerakan tersebut kita bisa memulai dari sendiri terlebih dahulu. Beberapa perilaku yang dapat kita mulai untuk menjaga sanitasi lingkungan yang ideal dapat dirangkum ke dalam ā€œ3 S dan 2 Pā€, yakni:

  1. Stop buang air besar sembarangan.
  2. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun.
  3. Stop untuk membuang sampah di sungai.
  4. Pengolahan makanan dalam rumah tangga.
  5. Pengolahan limbah cair.
  6. Pengolahan limbah padat.

Untuk menciptakan sanitasi lingkungan yang baik dapat dikatakan bahwa itu merupakan tugas dan kewajiban tiap individu. Artinya, kita tak dapat menggantungkan itu hanya kepada beberapa orang yang dinilai bertanggung jawab, seperti pemerintah, misalnya. Sebagai individu, kita harus sadar dan melakukan hal-hal yang dapat membuat lingkungan sekitar, mulai dari lingkup yang paling kecil, menjadi bersih dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *