Wednesday, 25 Nov 2020

Apa Saja Manfaat Buah Nanas?

Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi makanan sehat. Ada berbagai makanan sehat yang dapat Anda coba, salah satunya termasuk buah-buahan seperti nanas. Manfaat buah nanas beragam, sama seperti buah lain.

Informasi Tentang Nanas

Nanas (Ananas comosus) merupakan jenis buah yang berasal dari Amerika Selatan. Buah tersebut juga tumbuh di negara-negara tropis seperti Indonesia. Buah nanas memiliki rasa asam yang tajam ketika usianya muda, dan memberikan rasa manis ketika daging buahnya sudah menguning atau berada dalam keadaan matang.

Buah nanas disertai dengan vitamin C dan mangan. Tidak hanya itu, buah berwarna kuning tersebut juga mengandung antioksidan dan enzim sehingga bermanfaat bagi tubuh.

Sebuah penelitian yang dirilis di Biomedical Reports menyatakan bahwa nanas merupakan salah satu buah yang dapat mengobati berbagai penyakit sejak zaman dahulu. Buah tersebut juga merupakan buah yang ideal bagi orang yang ingin diet, karena tidak mengandung lemak dan mengandung jumlah kalori yang sedikit, yakni 50 kalori (100 gram).

Karena mengandung vitamin C dan mangan, sebuah penelitian di Indonesia menemukan bahwa buah nanas mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Orang-orang bisa mengkonsumsi buah tersebut baik secara langsung maupun dalam kemasan jus.

Manfaat Buah Nanas

Berikut adalah manfaat buah nanas berdasarkan kandungan yang dimiliki:

  • Vitamin C

Vitamin C mampu memperbaiki profil lipid dengan membentuk cairan empedu melalui pembuangan kolesterol pada bagian luar organ hati.

  • Niasin

Niasin dalam jumlah yang besar mampu menghambat transportasi lemak ke hati sehingga dapat mengurangi sintesis trigliserida.

  • Polifenol

Polifenol mampu memperbaiki kadar lipid dengan meningkatkan enzim Paraoxonase yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh.

  • Myricetin

Myricetin mampu mengubah penyerapan hati, perakitan, dan pembuangan trigliserida. Trigliserida merupakan salah satu komponen yang mampu menaikkan kadar kolesterol secara total di dalam darah. Myricetin juga mampu mengolah plasma di dalam tubuh sehingga kadar lipid atau lemak terus terjaga.

Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan Tentang Nanas

Meskipun penelitian di atas menyatakan bahwa nanas efektif dalam menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh, hal tersebut tidak menyebutkan bahwa seberapa banyak nanas yang perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah nanas, Anda sebaiknya konsultasikan persoalan ini dengan dokter terlebih dahulu apakah aman untuk dikonsumsi atau tidak.

Mengapa Anda perlu berhati-hati mengkonsumsi buah nanas? Beberapa sumber menyatakan bahwa buah nanas sama seperti buah lain dimana buah tersebut dapat menyebabkan beberapa gangguan berupa reaksi alergi dan iritasi pada kulit.

Cara-Cara Lain Untuk Menjaga Kolesterol

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah nanas tidak cukup untuk menurunkan berat badan jika tidak disertai dengan cara-cara berikut:

  • Makanan

Selain mengkonsumsi buah nanas, Anda perlu hindari makanan tinggi lemak jenuh seperti daging merah dan makanan yang berlemak seperti gorengan. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, berserat, serta mengandung omega-3.

  • Berolahraga

Anda juga sebaiknya berolahraga setidaknya 30 menit dan 5 kali setiap minggu. Anda cukup berolahraga yang ringan seperti jalan kaki atau bersepeda.

  • Kebiasaan buruk

Anda juga sebaiknya hindari kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kadar kolesterol bermasalah seperti merokok.

Kesimpulan

Manfaat buah nanas efektif bagi tubuh, namun tidak cukup jika tidak disertai dengan cara-cara yang disebutkan di atas seperti berolahraga. Untuk informasi lebih lanjut tentang nanas, Anda bisa tanyakan persoalan tersebut ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *