Thursday, 13 Aug 2020

Apa Saja Kecelakaan Kerja yang Perlu Diwaspadai?

Salah satu jenis kecelakaan kerja paling umum adalah terpeleset

Ada berbagai situasi yang dapat dialami setiap orang ketika mereka bekerja. Salah satunya termasuk kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja merupakan insiden yang perlu diwaspadai, karena dapat membuat seseorang mengalami cedera. Tidak hanya itu, kecelakaan kerja juga bisa melibatkan uang dimana seseorang yang terdampak insiden seperti ini, perlu bayar pengobatan untuk mengatasi cedera yang dialami.

Ada berbagai kecelakaan yang harus diwaspadai setiap orang pada saat bekerja. Contoh-contoh kecelakaan yang bisa terjadi adalah kebakaran, faktor alam seperti gempa bumi, dan radiasi. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu menerapkan protokol kesehatan dan keamanan. Contoh protokol kesehatan dan keamanan yang dapat dilakukan adalah menyediakan peralatan keamanan seperti pemadam api.

Tidak hanya menyediakan keperluan seperti yang disebutkan di atas, setiap orang juga sebaiknya pahami mengenai jenis-jenis kecelakaan yang bisa terjadi. Berikut adalah jenis-jenis kecelakaan kerja yang bisa terjadi di perusahaan:

  • Terjatuh dan terpeleset

Terjatuh dan terpeleset merupakan salah satu jenis kecelakaan yang sering terjadi. Di perusahaan manapun, seringkali ada tanda yang menunjukkan bahwa lantai di perusahaan tersebut licin, namun seseorang bisa terpeleset dan bisa membuat mereka jatuh ke lantai.

Tidak hanya terjatuh ke lantai, seseorang juga bisa mengalami cedera di bagian tubuh tertentu. Oleh karena itu, jika Anda berada di sebuah perusahaan dan melihat tanda seperti ini di lantai, Anda sebaiknya jalan dengan waspada, karena bisa saja lantai tersebut masih dalam keadaan basah.

  • Cedera otot

Jenis kecelakaan lain yang perlu diwaspadai adalah cedera otot. Kecelakaan tersebut bisa melibatkan mengangkat beban. Seseorang yang terlalu sering mengangkat beban bisa mengalami cedera pada bagian tubuh tertentu. Bagian tubuh yang sering dialami adalah leher dan punggung.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki pekerjaan seperti ini, Anda sebaiknya pahami mengenai cara yang baik untuk mengangkat beban.

  • Tertimpa objek

Kecelakaan lain yang perlu diwaspadai adalah tertimpa objek. Hal tersebut bisa terjadi, namun tidak diprediksi. Ada berbagai penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi, salah satunya bisa disebabkan oleh gempa di lingkungan perusahaan. Gempa yang besar bisa membuat objek jatuh ke tanah dan membuat seseorang terluka.

  • Tabrakan

Tabrakan bisa menjadi salah satu jenis kecelakaan yang terjadi kapanpun dan perlu diwaspadai. Contoh kecelakaan yang terjadi, yang melibatkan tabrakan adalah rem yang tidak berfungsi dengan baik ketika mengemudi kendaraan yang terdapat muatan. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa menabrak seseorang, kendaraan lain, atau objek-objek yang ada di sekitarnya.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, setiap perusahaan yang memiliki kendaraan operasional, baik untuk penumpang maupun muatan, perlu melakukan perawatan secara berkala.

  • Terpapar suara bising

Kecelakaan kerja seperti ini juga perlu diwaspadai. Seseorang bisa terpapar suara bising seperti suara yang berasal dari bangunan, ketika ingin membangun sebuah gedung. Jika Anda bekerja di bidang konstruksi atau di perusahaan yang dekat dengan area bangunan dan tidak tahan terhadap suara seperti ini, Anda sebaiknya pakai pelindung telinga atau mencari ruangan yang lebih aman untuk bekerja.

  • Terpapar racun

Alat pelindung diri sangat dibutuhkan jika Anda bekerja di perusahaan yang melibatkan bahan kimia. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah diri dari racun jika eksperimen yang dilakukan tidak berjalan dengan baik.

  • Perkelahian

Perkelahian secara fisik bisa membuat seseorang terluka. Oleh karena itu, setiap orang diharapkan untuk bersikap secara profesional ketika berada di lingkungan kerja.

Itulah kecelakaan kerja yang perlu diwaspadai. Jika Anda memiliki pekerjaan yang memiliki risiko tinggi seperti buruh atau pekerja di bidang konstruksi, Anda sebaiknya terus waspada ketika melakukan pekerjaan demi menjaga keselamatan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *