Friday, 25 Sep 2020

8 Produk yang Ampuh Hilangkan Komedo

Komedo hitam adalah salah satu masalah kulit yang paling sering terjadi dan cukup menjengkelkan. Walau lebih sering melanda mereka dengan jenis kulit berminyak, bukan berarti jenis kulit lain aman dari potensi komedo. Jika pori-pori wajah tersumbat dengan sel kulit mati dan timbunan minyak (sebum), maka komedo hitam bisa muncul. Anda bisa mencoba produk-produk ini untuk mengatasi komedo.

  1. Strip Pengangkat Komedo

Banyak produk pembersih komedo berbentuk masker maupun strip perekan yang bisa dijumpai di pasaran. Produk semacam itu memang bisa membantu mengeluarkan kotoran wajah. Namun di sisi lain, mereka pun menarik keluar berbagai elemen yang bermanfaat bagi kulit. Misalnya, minyak alami dan folikel rambut. Jika kehilangan minyak alami dan folikel rambut, kulit wajah akan mengalami iritasi. Kondisi ini malah membuat wajah semakin berminyak dan berkomedo. Anda disarankan menjalankan perawatan kulit dengan layanan profesional untuk membersihkan komedo.

  • Benzoyl Peroxide
    Produk perawatan wajah atau jerawat dengan kandungan benzoyl peroxide, cocok mengatasi peradangan akibat bakteri. Namun, karena komedo tidak disebabkan oleh bakteri, hindari produk dengan kandungan ini.
  • Salicylic Acid
    Pilih produk pembersih yang mengandung salicylic acid untuk menuntaskan komedo. Sebum dan kulit mati, termasuk juga kotoran wajah akibat rutinitas sehari-hari, minyak dan riasan wajah, bisa dibersihkan dengan salicylic acid. Coba gunakan produk pembersih dengan salicylic acid satu kali sehari, pada malam hari saja. Setelah kulit mulai beradaptasi dengan pembersih, maka barulah menggunakan pembersih ini secara rutin.
  • AHA dan BHA
    Eksfoliasi rutin bisa menghilangkan timbunan kulit mati yang mengakibatkan pori tersumbat, sekaligus juga menghilangkan komedo. Pilih produk eksfoliasi yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA). Kedua kandungan ini bekerja pada permukaan kulit dengan  menghilangkan noda dan keriput wajah, sekaligus membersihkan pori-pori dan melembutkan kulit.
  • Sikat Khusus Wajah
    Sikat khusus wajah bisa memberikan manfaat eksfoliasi yang baik dengan cara menghilangkan sel kulit mati. Gunakan hanya 1 kali seminggu untuk mencegah iritasi.
  • Masker Lumpur

Masker lumpur yang sedang booming merupakan produk perawatan kulit yang ampuh untuk kulit berminyak. Cara kerja masker ini adalah dengan menarik keluar kotoran, minyak dan elemen dalam pori-pori. Untuk masalah komedo, masker lumpur bisa melonggarkan dan membersihkan pori-pori tersumbat. Ada pula masker lumpur yang mengandung sulfur dan baik untuk membasmi kulit mati yang menyebabkan komedo. Anda bisa menggunakan masker lumpur 1-2 kali dalam seminggu sebagai cara menghilangkan komedo yang ampuh.  Selain masker lumpur, masker arang (charcoal) mampu menarik keluar minyak, sel kulit mati dan kotoran lainnya. Gunakan masker arang seminggu sekali.

  • Chemical Peeling
    Chemical peeling adalah prosedur pengangkatan permukaan atas kulit wajah, untuk menghilangkan noda dan garis halus. Chemical peel dengan kandungan AHA, bisa memberikan hasil tampilan kulit wajah yang lebih segar dan lembut. Sebagai salah satu cara menghilangkan komedo, Anda bisa menjalani chemical peeling dengan pengawasan tenaga profesional.
  • Produk non-komedogenik
    Pilih produk-produk perawatan wajah yang tepat dan bersifat non-komedogenik. Saat membeli pembersih wajah, masker, pelembab, dan produk lain, baca setiap label untuk memastikan seluruh bahan-bahannya tidak akan menyebabkan komedo.

Selain mencoba produk-produk di atas, jangan lupa membersihkan riasan sebelum tidur. Sebab, riasan bisa memicu komedo, iritasi mata, bahkan infeksi, jika tidak dihapus sebelum Anda tidur. Anda juga bisa mengunjungi dokter spesialis kulit untuk mengatasi komedo. Dokter mungkin akan menawarkan serangkaian cara menghilangkan komedo, misalnya perawatan dermabrasi, resep retinoid hingga cara pencegahan komedo lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *