Friday, 25 Sep 2020

8 Manfaat Tepung Almond Bagi Kesehatan Tubuh

Tepung almond memang populer di kalangan mereka yang sedang menjalankan program diet. Selain mengandung karbhodrat yang tendah, manfaat tepung almond bagi kesehatan juga banyak sekali, sehingga kerap menjadi alternatif pengganti tepung terigu atau tepung jenis lainnya.

Seperti namanya, tepung almond terbuat dari kacang almond bubuk. Kacang almond akan direbus dalam air mendidih terlebih dahulu untuk menghilangkan kulitnya.

Kemudian, kacang tersebut akan digiling dan disaring. Sehingga tersisa lah tepung halus dengan rasa yang sedikit manis, rendah karbohidrat, dan kaya akan nutrisi lainnya.

Manfaat Tepung Almond untuk Kesehatan

Nutrisi dalam tepung almond ini memang tidak perlu diragukan lagi. Tepung almond kaya akan vitamin E dan magnesium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat tepung almond dengan adanya kandungan vitamin E ini adalah sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh karena radikal bebas. Lalu, apa lagi manfaat tepung almond ini bagi kesehatan? Simak selengkapnya berikut ini.

  • Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah Tinggi

Almond memang terkenal dapat menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Kandungan magnesium dalam tepung almond dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi akibat kekurangan magnesium. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini.

  • Mengendalikan Gula Darah

Tepung almond tinggi akan lemak sehat dan serat, namun rendah karbohidrat. Sehingga tepung almond termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. maksudnya, ketika tepung almond dikonsumsi, maka tidak akan menyebabkan adanya lonjakan gula darah yang signifikan setelahnya.

Seperti yang disebut sebelumnya bahwa tepung almond mengandung magnesium yang dapat mengendalikan gula darah. Perlu diketahui bahwa penderita diabetes tipe 2, 25-38 persennya mengalami kekurangan magnesium. Sehingga dengan mengkonsumsi tepung almond dapat meningkatkan insulin dan mengurangi gula darah secara signifikan.

  • Gluten Free

Tepung almond bisa jadi pilihan bagi penderita penyakit Celiac atau intoleransi gandum karena bebas gluten. Penderita Celiac biasanya tidak dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten karena tubuhnya menganggap zat tersebut berbahaya. Sehingga tercipta sistem imun yang “menyerang” gluten jika masuk ke dalam tubuh.

Dari respon inilah berakibat pada kerusakan usus dan muncul gejala seperti diare, ruam kulit, kembung, kelelahan, hingga menurunnya berat badan.

  • Menurunkan Berat Badan

Indeks massa tubuh bisa dikurangi dengan mengkonsumsi kacang almond. Selain mengenyangkan, mengkonsumsi kacang almond juga dapat menunda rasa lapa karena adanya lema sehat, serat, dan protein nabati di dalamnya.

  • Menyehatkan Kulit

Kacang almond juga dapat menjaga kesehatan kulit. Bahkan, menurut studi yang pernah dilakukan di tahun 2019 lalu, kacang almond dapat mengencangkan kulit.

  • Mencegah Batu Empedu

Kandungan lemak sehat dan serat dalam kacang almond ternyata bermanfaat dalam mencegah batu empedu. Sebab, kandungan ini akan menjaga kandung empedu dan hati berjalan dengan lancar.

Menurut studi yang dilakukan, orang yang mengkonsumsi kacang almond 25 persen lebih kecil kemungkinannya untuk membutuhkan prosedur kolesistektomi (prosedur pengangkatan kantong empedu).

  • Menyehatkan Usus

Menurut penelitian, kacang almond bertindak sebagai prebiotik yang fungsinya sebagai makanan bagi bakteri menguntungkan dalam usus yang berkaitan dengan kekebalan, kesehatan mental, hingga anti-peradangan.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang almond juga terbukti melindungi jantung karena meningkatkan kolesterol HDL pelindung jantung yang baik, dan menurunkan kadar LDL buruk.

Kacang almond juga membantu pembuluh darah menjadi rileks dan mengurangi kekuatan arteri dengan cara mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Dari penjelasan di atas, manfaat tersebut bisa Anda dapatkan pada tepung kacang almond. Akan tetapi, meski manfaat tepung almond ini banyak, bukan berarti tidak menyebabkan terjadi alergi. Reaksi yang mungkin muncul berupa ruam, gatal-gatal, pusing, batuk, sesak napas, hingga mual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *