Wednesday, 25 Nov 2020

5 Stages of Grief, Tahapan Pada Kehilangan

Setiap orang berduka dengan cara yang berbeda-beda, tetapi ada beberapa kesamaan dalam tahapan dan urutan perasaan yang dialami selama berduka. Hal ini dikenal dengan 5 stages of grief.

Duka merupakan hal universal. Di beberapa titik dalam kehidupan setiap orang, setidaknya akan ada satu pertemuan dengan kesedihan. Duka juga merupakan sesuatu yang personal.

Pada tahun 1969, seorang psikiater Swiss-Amerika bernama Elizabeth Kübler-Ross menulis dalam bukunya “On Death and Dying” bahwa terdapat 5 stages of grief.

Kesedihan berbeda untuk setiap orang, sehingga Anda mungkin akan tetap berada di salah satu 5 stages of grief selama berbulan-bulan dan bahkan tidak melewati tahapan yang lain sama sekali.

Tidak semua orang akan mengalami 5 stages of grief, dan Anda mungkin tidak melewati setiap tahapan dalam urutannya. Berikut adalah 5 stages of grief:

  • Penyangkalan atau penolakan

Penolakan memberi Anda waktu untuk menyerap berita secara lebih bertahap dan mulai memprosesnya. Hal ini adalah mekanisme pertahanan yang umum dan membantu membuat Anda mati rasa terhadap intensitas situasi atau rasa kehilangan.

  • Kemarahan

Ketika penyangkalan dapat dianggap sebagai mekanisme koping, kemarahan merupakan efek penyamaran. Kemarahan menyembunyikan banyak emosi dan rasa sakit yang Anda bawa. Tidak semua orang akan mengalami tahap ini, dan beberapa mungkin akan bertahan cukup lama di salah satu 5 stages of grief satu ini.

  • Pengharapan

Dalam tahap kesedihan ini, Anda mungkin menemukan diri Anda membuat banyak pernyataan seperti “bagaimana jika” dan “seandainya”. Stage ini adalah garis pertahanan melawan emosi kesedihan Anda. Dimana membantu Anda menunda rasa kesedihan, kebingungan, atau sakit hati.

  • Depresi

Ketika kemarahan dan pengharapan bisa terasa sangat “aktif”, depresi mungkin terasa seperti tahap kesedihan yang “tenang”. Anda juga dapat memilih untuk mengisolasi diri Anda dari orang lain untuk sepenuhnya mengatasi rasa kehilangan tersebut.

  • Penerimaan

Penerimaan tidak selalu merupakan tahap kesedihan yang membahagiakan. Hal ini tidak berarti Anda telah melewati kesedihan atau kehilangan Anda. Namun, Anda telah menerima kehilangan tersebut dan telah memahami apa artinya dalam hidup Anda sekarang.

Semua reaksi terhadap kehilangan merupakan hal normal. Namun, tidak semua orang yang berduka mengalami semua reaksi ini, dan merupakan hal yang umum untuk mengulang kembali beberapa reaksi, tahapan, dan gejala ini lebih dari satu kali.

Jika Anda merasa kesulitan mengatasi 5 stages of grief, mintalah bantuan. Dokter dan keluarga Anda dapat membantu Anda mengatasi kehilangan sehingga Anda dapat mulai merasa lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *