Saturday, 24 Oct 2020

4 Tips Agar Menu Makan Siang Anak Dihabiskan

4 Tips Agar Menu Makan Siang Anak Dihabiskan

Terkadang, sebagai orang tua sering merasa bingung bagaimana caranya agar menu makan siang anak bisa dihabiskan, terutama jika anak suka menyisakan makanannya. Padahal, banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan. Hal yang tidak kalah penting adalah makanan yang dibuat sehat dan menambah selera makan anak. Kira-kira, apa saja sih tips membuat menu makan siang anak bisa disantap habis? Yuk, intip langsung di sini! 

Tips agar menu makan siang anak dihabiskan

Untuk membantu agar menu makan siang anak dihabiskan dan tidak bersisa, berikut tips yang dapat Anda lakukan.

  1. Buat menu baru yang menyenangkan.

Meskipun tidak mudah bagi anak-anak menerima atau mencoba makanan baru, tetapi Anda bisa memulainya dengan memberikan seporsi kecil bersama dengan makanan kesukaan mereka biasanya.

Mereka mungkin tidak akan langsung mencicipinya, biarkanlah mereka mencium, menyentuh, dan menjilat makanan baru tersebut. Hal ini akan mendorong anak untuk mencicipi, dan bahkan mungkin langsung menyukai makanan barunya. 

Trik yang tidak kalah hebatnya adalah membuat menu makan siang anak sekreatif mungkin, misalnya dibuat bentuk kuntum bunga atau buah dan sayuran berbentuk hati. Jika makanan ada sambal atau kecapnya, pisahkan di bagian tempat kecilnya. Ini akan membantu jika anak tidak menyukai salah satu jenis makanan atau tidak ingin dicampur langsung. 

Cobalah memperkenalkan alternatif dari kelompok makanan yang sama, misalnya kentang dan umbi-umbian. Melibatkan anak Anda setiap berbelanja bahan ke supermarket dapat membantu mengembangkan minat mereka pada makanan.

  1. Waktu makan adalah waktu keluarga.

Terkesan kuno memang, karena di zaman sekarang ini, mungkin makan siang lebih jarang dilakukan bersama keluarga. Namun, aturan kuno ini adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi pola makan anak yang rewel. Mengapa? 

Anak-anak sering melihat dan menjadikan orang tua atau kakaknya sebagai panutan mereka, termasuk sikap dalam makan. Jika keluarga makan di atas meja, maka ia pun akan mencontoh makan di atas meja. Selain itu, waktu makan bersama keluarga adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan kebiasaan sehat pada anak, seperti:

  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
  • Menghilangkan pengalaman yang tidak menyenangkan selama waktu makan.
  • Memperkenalkan menu makan siang anak yang sehat dan bergizi seimbang.
  • Menjadikan waktu makan lebih istimewa dan menyenangkan bagi semua orang.
  • Melatih makan dengan penuh perhatian.
  1. Hindari kalori kosong.

Disebut kalori kosong jika makanan yang dibuat hanya dari gula atau lemak. Artinya kalori tersebut tidak sehat untuk menu makan siang anak Anda. Kalori seperti ini sering ditemukan dalam biskuit, minuman soda, coklat, es krim, dan makanan cepat saji lainnya. Untuk menghilangkan kebiasaan atau mencegah anak terbiasa dengan hal-hal ini, cobalah untuk:

  • Jangan terlalu sering memperkenalkan produk makanan seperti ini hampir sepenuhnya atau setiap hari.
  • Menyimpan makanan ini di lemari es atau jauh dari jangkauan anak Anda.
  • Memberi anak makanan ringan yang sehat, tetapi mudah dibuat di rumah, seperti kecambah, wortel, mentimun, atau kacang tanah sebagai pengganti makanan kalori kosong.
  1. Jauhkan anak dari gangguan eksternal.

Hidup di generasi milenial membuat hampir semua orang tidak bisa lepas dari gadget, termasuk anak-anak. Ketika anak rewel saat makan, tidak sedikit orang tua menghiburnya dengan memberikan gadget atau menonton layar televisi. Paparan ini dapat menyebabkan anak makan berlebihan atau kurang makan, sehingga menimbulkan masalah gizi buruk selama masa pertumbuhannya. 

Salah satu cara agar menu makan siang anak bisa dilahap sampai habis adalah meminimalkan penggunaan gadget sebanyak mungkin, terutama pada saat makan. Anda juga bisa menceritakan sebuah kisah dan membuat mereka memvisualisasikan gambar dari cerita yang Anda narasikan. Hal ini lebih bermanfaat dibandingkan anak harus bermain gadget agar mau makan.

Inilah beberapa tips agar menu makan siang anak dapat dilahap sampai habis. Selain itu, mengingat nafsu makan anak terus berubah, maka hindarilah memaksa anak untuk makan lebih banyak. Biarkan anak Anda menghabiskan menu makan siangnya sebanyak yang mereka mau. Selamat mencobanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *