Tuesday, 24 Nov 2020

21 Resep MPASI Homemade Praktis & Bergizi

Anda tidak membutuhkan keahlian layaknya koki profesional untuk membuat makanan bayi atau MPASI yang lezat dan bergizi. Makanan bayi komersial yang tersedia di pasaran memang lebih praktis. Namun, banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang sudah hilang dalam proses pengolahannya. Anak yang terlanjur terbiasa dengan makanan bayi siap saji, kelak akan enggan mencicipi variasi makanan baru. Anda pun sebaiknya mengantisipasi kondisi tersebut.

Sudah Siap Untuk MPASI?

Sebelumnya, pastikan dulu kalau anak sudah siap menjalani masa MPASI. The American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar orang tua menunggu hingga usia anak 6 bulan sebelum diberikan makanan solid/MPASI. Namun, Anda juga boleh memulai pada anak berusia 4 bulan, jika anak sudah menunjukkan kesiapan mengonsumsi MPASI, yaitu:

• Bisa duduk dengan kepala tegak
• Menunjukkan minat pada makanan padat
• Mendapatkan persetujuan dari dokter anak

Perhatikan juga beberapa panduan MPASI berikut ini.
• Anak yang baru mulai MPASI hanya butuh 1-2 sdm makanan. Jadi, cukup sediakan porsi kecil saja.
• Waspadai tanda-tanda alergi anak, terutama pada jenis makanan alergen.
• Jangan lupa untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan.
• Kenali makanan bayi yang bisa mengundang gas di perut (bawang, kacang-kacangan, gandum, susu atau sayuran jenis tertentu)
• Prioritaskan makanan organik, terutama untuk 12 jenis makanan berikut ini: apel, persik, nektarin, stroberi, anggur, seledri, bayam, paprika, timun, tomat ceri, kacang kapri dan kentang.

Berikut ini aneka resep MPASI yang praktis, terjangkau dan bergizi, sesuai pertumbuhan usia bayi:

Resep MPASI Bayi 4-6 Bulan

Saat bayi berusia 4-6 bulan, utamakan resep MPASI yang sederhana, berupa 1 bahan makanan yang dihaluskan. Hal ini akan sangat membantu Anda mendeteksi alergi makanan. Jika anak tidak mengalami masalah, maka Anda bisa mencoba kombinasi makanan untuk meningkatkan rasa dan variasi.

  1. Puree Kacang Polong

Kacang polong adalah sumber nutrisi yang kaya akan vitamin A, C, zat besi, protein dan kalsium. Jika kulit kacang polong masih terlalu bertekstur kasar, gunakan saringan untuk mendapatkan puree yang lebih lembut.

  1. Puree Pisang

Sering dianggap sebagai makanan paling sempurna, pisang kaya akan potasium dan serat. Pisang juga dikenal sebagai antasida alami (penetral asam lambung) dan aman untuk pencernaan bayi. Gunakan pisang secukupnya. Sebab, jika berlebihan, pisang bisa mengakibatkan sembelit.

  1. Sereal Beras Merah

Sereal beras adalah salah satu MPASI yang paling umum diberikan kepada bayi, karena bersifat non-alergenik dan mudah dicerna. Jika dicampur dengan lebih banyak air, resep MPASI ini bisa memudahkan transisi dari susu yang cair ke konsistensi yang lebih padat.

  1. Puree Alpukat

Mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk otak bayi dan perkembangan fisiknya, tekstur legit dari alpukat sering menjadi salah satu makanan bayi paling favorit. Supaya alpukat tidak berubah warna kecokelatan, letakkan biji alpukat bersama puree dalam wadah yang sama, saat dimasukkan ke kulkas.

  1. Puree Ubi Panggang

Ubi memang memiliki banyak manfaat seperti vitamin, antioksidan dan serat. Puree sederhana ubi panggang bisa dicampurkan dengan air atau susu supaya rasanya semakin lezat dan bergizi untuk bayi.

  1. Puree Wortel

Wortel adalah bahan yang direkomendasikan untuk MPASI, karena rasanya manis dan teksturnya juga mudah dicerna bayi. Selain itu, wortel juga tinggi antioksidan, beta karoten, dan vitamin A.

Resep MPASI Bayi 7-9 Bulan

MPASI untuk bayi 7-9 bulan sudah boleh menggunakan bahan yang lebih bervariasi. Namun, Anda tetap dianjurkan untuk memperkenalkan satu jenis makanan baru dan hanya mengombinasikan jenis-jenis makanan yang pasti tidak akan menimbulkan alergi pada anak.

Bayi usia 7-9 bulan juga sudah boleh mulai mencicipi daging dan protein lain.

  1. Puree Labu & Thyme

Kedua bahan masakan dalam resep MPASI ini antara lain mengandung beta karoten, potasium, dan zat besi. Cocok untuk dibuat dalam porsi besar dan lalu dibekukan, supaya mudah disajikan pada kesempatan makan berikutnya.

  1. Bayam dengan Keladi Putih

Kombinasi dua sayuran ini memberikan manfaat kalsium, zat besi, vitamin A dan folat untuk bayi. Keladi yang manis juga pasti akan mudah diterima oleh bayi.

  1. Campuran Blueberi dan Bit

Hasil dari resep MPASI ini akan terlihat ungu indah dan sekaligus kaya akan antioksidan, vitamin dan serat. Tambahkan sedikit sereal sebagai ide sarapan makanan bayi.

  1. Alpukat & Pisang

Dua bahan makanan bayi yang sangat baik, alpukat dengan lemak dan serat sedangkan pisang kaya potasium dan vitamin C. Rasa pisang yang manis juga akan menyeimbangkan alpukat, sehingga tidak perlu tambahan gula sama sekali untuk resep MPASI ini.

  1. Puree Aneka Sayuran

Kentang, wortel, kacang polong dan ikan semuanya dikombinasikan dalam resep MPASI, yang hanya membutuhkan waktu pembuatan kurang dari 8 menit.

  1. Puree Labu Waluh & Pir

Waluh adalah bahan makanan bayi yang sangat baik, karena jarang menyebabkan alergi. Sementara itu, pir akan memberikan rasa manis yang lezat untuk resep MPASI ini.

  1. Puree Pepaya

Karena pepaya mengandung asam yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya, ada baiknya menunggu hingga usia bayi mencapai 7-8 bulan. Enzim pada pepaya (dan nenas) bisa membantu pencernaan, sehingga resep MPASI ini cocok untuk mengatasi keluhan sembelit.

Resep MPASI Bayi 9-12 Bulan

Pada usia ini, bayi sudah bisa menikmati puree dengan potongan makanan berupa sayur dan buah, yang dilunakkan. Anda juga bisa menambahkan susu, keju atau yogurt. Bayi juga sudah bisa mulai mencoba makanan dewasa, dengan kombinasi yang lebih kompleks, bertekstur cincang atau rebusan.

  1. Puree Ikan, Wortel dan Bawang

Resep MPASI ini menjanjikan kombinasi yang lezat dan baik untuk pertumbuhan otak bayi, yaitu Omega-3 pada ikan, dan manfaat kardiovaskular dari bawang, serta antioksidan dari wortel.

  1. Quinoa Ratatouille

Resep MPASI a la Prancis ini lezat dan sangat bergizi.

  1. Semur Daging Sapi

Kaya akan zat besi dari daging sapi, MPASI ini membutuhkan waktu lebih lama dalam pembuatannya. Namun, pasti akan membuat bayi menyantapnya hingga tuntas.

  1. Pure Blueberi, Mangga & Alpukat

Kombinasi penuh nutrisi dan rasa yang serba bervariasi.

  1. Ayam Provencal Penuh Krim

Saatnya mencoba bumbu dapur yang kian intens, resep MPASI ini boleh dipraktikkan untuk si kecil.

  1. Quinoa Pisang

Quinoa adalah jenis kacang-kacangan padat protein yang cocok untuk bayi. Tambahkan pisang, yang sudah pasti disukai bayi.

  1. Yogurt Cheri

Butuh ide topping yogurt? Coba resep MPASI ini dengan yogurt organik.

  1. Aprikot dan Pisang Dengan Kayu Manis

Sedikit kayu manis untuk citarasa resep MPASI yang cocok untuk sarapan jika ditambah dengan sereal.

Tidak sulit bukan, aneka resep MPASI di atas? Anda hanya membutuhkan sedikit bahan, peralatan dapur dan blender untuk menyajikan makanan bayi yang praktis dan bergizi tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *